Selasa, 14 Juli 2015

Motor Pertama Saya, Suzuki Address

Motor saya sedang di bengkel, untuk servis pertama
Saya sering bilang ke teman-teman, kalau Suzuki Address saya ini limited edition. Bukan unit yang diproduksinya  terbatas, tapi memang yang belinya terbatas alias gak terlalu laku. Jadi ketika di jalanan, kita akan jarang ketemu sesama pengguna Suzuki Address. Limited edition kan?, hehe...

Kenapa sih Suzuki Address gak laku? Jawabannya sederhana saja, karena ini Suzuki. Di Indonesia itu mindset orang-orang beli motor ya Honda atau Yamaha, hanya orang-orang tertentu saja yang beli Suzuki. Orang itu salah satunya ya saya. Kenapa saya mau beli?
Awalnya saya kerap mencemooh kehadiran Suzuki Address. Lihat saja namanya Address, yang kalau diartikan ke Indonesia itu jadi "alamat". Apa maknanya? Kalau ditambah kata Fake, jadi Fake Address, jadi "alamat palsu" a.k.a lagu Ayu Ting-Ting. Aneh kan. Tapi ya gitu, biar aneh tetap saja Suzuki pakai nama itu.

Nah pertama  tertarik sama Suzuki Address, semenjak teman saya menawarkan sebuah diskon untuk motor ini. Katanya kalau beli Address dapat potongan Rp 800 ribu, lumayanlah. Itu diskon terbesar yang saya dapat, setelah mencari-cari di tempat lain. Kebanyakan untuk Honda sama Yamaha cuma berani kasih Rp 400 ribu.

Jadi karena harga murah saya beli Suzuki Address? Ya, itulah alasan utamanya. Lalu apakah setelah tiga bulan punya, saya kecewa? Nah lewat tulisan ini mau saya bahas kelebihan sama kekurangan dari Suzuki Address.

Kelebihan:
1. Suzuki Address punya bagasi yang cukup luas, mungkin paling luas untuk kelas bebek matik. Helm full face bisa masuk ke dalamnya. Lalu tetap masih terdapat ruang yang cukup untuk menaruh beberapa barang, seperti kanebo, sarung tangan, dan jas hujan (dilipat kecil).

2. Kelebihan lain yaitu rak yang berada di bawah setang, kapasitasnya cukup luas untuk memasukkan botol minum di kiri dan kanan. Jadi sangat praktis ketika butuh minum di jalan.

3. Bentuknya ramping, meski punya kapasitas bagasi yang lega. Coba saja bandingkan dengan Honda Spacy yang bentuknya melebar. Padahal secara bagasi lebih luas Address, jadi dalam hal ini Suzuki telah melakukan pekerjaan yang cukup baik. Keuntungannya Suzuki Address jadi lebih nyaman dipakai meliuk-liuk di tengah kemacetan.

4. Ground Clearance cukup tinggi. Ketika berkendara dengan Address beberapa kali saya masih bisa merasakan bagian bawah motor "gasruk" dengan polisi tidur, apalagi ketika sedang boncengan. Usut punya usut, ternyata kejadian ini disebabkan oleh satu hal, yaitu ban motor yang kurang angin. Setelah ban saya isi angin sampai tekanan yang disarankan. Maka hilang sudah itu efek "gasruk".

Kekurangan:
1. Lampu Suzuki Address kurang terang. Ini sangat mengganggu, terutama ketika digunakan pada malam hari. Bahkan cahaya yang terpancar dari lampu motor, sering kali kalah terang dengan lampu jalan. Saya sudah coba bawa ke bengkel resmi, namun ternyata tidak ada solusi untuk ini. Saya rasa bagian lampu ini merupakan yang paling urgent untuk diperbaiki oleh Suzuki, agar produknya semakin baik.

2. Bengkel Suzuki jumlahnya sedikit. Bayangkan saja dari rumah saya di Pondok Gede menuju ke Kantor yang ada di Pasar Minggu, tidak sama sekali bertemu dengan bengkel resmi Suzuki. Sebenarnya ada beberapa, namun kebetulan saja di jalur yang saya lewati tidak bertemu sama sekali. Padahal kalau Honda atau Yamaha, sudah terlewat 3-4 bengkel di jalur saya tersebut.

3. Kualitas bengkel belum memadai. Jadi di dekat rumah saya ada bengkel Suzuki, tepatnya di depan Perumahan Duta Indah, Jati Asih. Hanya saja anehnya, bengkel itu belum memiliki diagnostic tool untuk motor injeksi yang sudah menggunakan Engine Control Unit (ECU). Jadi begitu servis, paling cuma bisa ganti oli sama bersihkan filter saja. Tidak bisa mengetahui secara komprehensif seluruh keadaan motor.

Konsumsi BBM
Ini tidak masuk indikator kelebihan dan kekurangan, karena saya tidak melakukan perbandingan dengan kendaraan lain. Hanya saja saya ingin berbagi terkait konsumsi BBM dari Suzuki Address.
Dari hasil pengujian saya menggunakan metode full to full dengan bensin Ron 92 (Pertamax). Jadi awalnya tangki bensin saya isi penuh, lalu saya bawa Suzuki Address pulang pergi kantor beberapa hari sampai menempuh jarak 160,2 km. 

Kondisi jalanan ketika itu layaknya lalu lintas Jakarta, macet dan kadang juga ada lowongnya ketika saya pulang malam. Setelah itu tangki bensin saya isi penuh lagi, dan ternyata membutuhkan 4,24 liter sampai full tank seperti semula (kapasitas tangki bensin Suzuki Address total 5,2 liter).

Jadi dari semua data tersebut, saya mendapat kesimpulan berapa km/liter (kpl) kah catatan yang sanggup dibukukan oleh Suzuki Address. Caranya hanya tinggal membagi jarak dengan total bensin yang dibutuhkan. Berarti dalam kasus ini 160,2 km dibagi dengan 4,24 liter, hasilnya 37,7 kpl. Dengan kata lain, Suzuki Address dapat menempuh jarak sampai 196,04 km atau Jakarta-Sumedang tanpai isi bensin dalam keadaan full tank.

Ket: Sebenarnya motor yang saya gunakan untuk beraktivitas sudah ada beberapa. Pertama kali itu Honda C50 Pispot, saya pakai ke sekolah semasa SMA dan kuliah di Jatinangor. Lalu ketika kerja di Jakarta awal-awal, saya menggunakan Honda GL Max. Nah Suzuki Address ini merupakan kendaraan pertama yang saya beli dengan uang sendiri (patungan sama Bapak tetap, hehe) dan juga keadaannya masih baru. Pasalnya baik Honda C50 dan Honda GL Max yang saya punya sebelumnya, itu semua adalah lungsuran atau warisan.

55 komentar:

  1. Bahasanya mengalir lancar dan enak diikuti? Anak jurnalistik, ya, Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya udah mampir... iseng2 doang kok, berbagi informasi biar pada tahu

      Hapus
  2. dari dulu gk pernah kepikiran beli motor suzuki. purna jualnya jatoh dar. liat aja gmna nasib suzuki thunder sekarang.hehe mampir2 ya dar

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih syor, iya tapi ini beli untuk tidak dijual lagi, maklum limited edition...

      Hapus
  3. tertarik tp msh ragu.. Ok mana sama (_)ario 125 mas?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo dibandingkan ya nggak sebandng dong, Vario 125cc lebih besar, harga beda jauh, klo mau bandingin ya sama spacy, kalau dengan spacy saya lebih pilih Address, karena di rumahs saya dua2nya ada... Selain harganya lebih murah, ground clearance lebih tinggi, Address lebih keren aja karena jarang nemu di jalan, hehe...

      Hapus
  4. Mas mau tanya nih, lagi galau mau pinang address

    1. keluhan untuk mesin spt mati sendiri apa pernah mengalami mas? soalnya ane baca2 ada penyakit spt itu. (Address)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas Hendra Di, ya saya mengalami mesin pernah mati sendiri saat lagi jalan tapi itu saat awal2 beli dan intensitasnya tidak sering, kemudian saya bawa ke bengkel resmi dan beres kok, sampai sekarang lancar2 saja dan tidak ada masalah...

      Kalau jadi beli Address kabar2i :)

      Hapus
    2. sudah beli mas, Address elegan white. kilometer baru 2500 sekian..puas bgt pake address..masnya selain oli SGO biasanya pake oli apa untuk mesin?

      Hapus
    3. Wah mantap elegan white... klo soal oli saya belum pernah coba lain, jadi blom punya pengalaman. Mungkin kalau mas Hendra Di sudah pakai oli lain, bisa cerita pengalamannya :)

      Hapus
  5. saya pakai address dari februari 2015. Secara umum, pemakaian bensin ron 88 dapat 47-49 kpl. paling rendah 45 lah. Pakai ron 92, paling irit pernah dapat 51 atau 52 kpl. pemakaian mix, seringnya jalan datar, sedikit nanjak. seringnya jalan lancar, sedikit macet. seringnya sendiri, sedikit bonceng istri + 2 anak dan nanjak :D . So far, puas banget pakai address, mesin nya itu halus banget, enak dipakai ngebut. Pernah nyoba bandingin sama beat n mio m3. beat lebih kasar mesinnya, apalagi mio m3, kasar banget. Value for money lah address. Pernah bandingin juga dengan vario 125 LED, Tingkat kehalusan mesin address 11 - 12 lah sama vario 125 LED

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal om diptatapa sesama pengguna address, makasih atas sharingnya :)

      Hapus
  6. Boris juga ya ternyata, kirain irit yg dibilang suzuki claim sampe 70km/liter

    BalasHapus
  7. Boris juga ya ternyata, kirain irit yg dibilang suzuki claim sampe 70km/liter

    BalasHapus
  8. Boris juga ya ternyata, kirain irit yg dibilang suzuki claim sampe 70km/liter

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Kebanyakan orang yang sudah pernah punya motor suzuki pasti pake suzuki lagi karena tahu kelebihannya. Khusus untuk Suzuki Address sesuai artikel http://news.okezone.com/read/2014/12/05/15/1075153/suzuki-address-buatan-pabrik-indonesia-diekspor-ke-eropa.. seharusnya stardard kualitasnya juga menyesuaikan dengan standard eropa..

    BalasHapus
  11. Luar biasa resume Suzuki Address pengalaman saudara mengenai motor yang dikendarai dari kelebihan dan kekurangan saya rasa paling minim dalam hal aftersales seperti servis dan jangkauan part. Kami akan memperbaiki hal tersebut, salam mobil suzuki semarang

    BalasHapus
  12. ada bengkel suzuki di jalan haji naman. lumayan bagus kok, motor suzuki shogun 125 saya servis di situ sampai nginep karena bongkar banyak.

    BalasHapus
  13. Mantap gan, sy rentalkan suzuki address jg beberapa, dalam 3 tahun ini (40.000 km) tak ada masalah, malahan jika sy bandingkan dengan produk lain yg seumuran.. Address kualitas memang teruji..
    Cman kurang dikenal saja jika sy tawarkan ke pelanggan.. Hehe..
    Salam..

    BalasHapus
  14. pondok gede mah termasuk wilayah beruntung untuk pemakai suzuki gan, walopun gak semua di pondok gede, tp lumayan deket kok, di jatimakmur samping giant jatimakmur/sebrang duta indah sanaan dikit ada (kurang recommend menurut ane), di jatiasih, jl raya komsen ada (bengkel tok, bukan dealer, bagus, tp sparepart dikit, bengkelnya jg kecil), di swatantra yg mau ke villa nusa indah ada (bengkel & dealer cukup besar), di caman ada (udah jadi bengkel aja, dealernya tutup, sparepart jg lumayan banyak), jl haji naman pondok kelapa, (sparepart banyak, bengkelnya jg cukup bagus menurut ane). Terakhir yg deket itu di galaxy, ane sendiri sih bengkel punya langganan sendiri, bengkel umum, sparepart baru beli di BERES

    BalasHapus
  15. Suzuki hRus perbanyak spaceport dulu

    BalasHapus
  16. Pengen nyoba motor matic suzuki, selama ini saya pake produknya Suzuki, Shogun r110 tahun 2002 (beli dari baru) Alhamdulillah ga dibikin ribet, sampe sekarang nyaman2 aja, hehehe

    BalasHapus
  17. Saya punya Suzuki shooter ;)

    BalasHapus