Senin, 28 April 2014

Film Kartun

Kadang dengan kartun, sebuah film terasa lebih ringan dan santai untuk ditonton. Kadang dengan kartun, karakter dalam sebuah film jadi terlihat lebih pantas ditokohkan. Kadang dengan kartun, pesan-pesan moral yang ingin disampaikan melalui sebuah film menjadi lebih mengena.

Mungkin atas dasar ketiga alasan tersebut saya menyukai film kartun. Mulai dari The Lion King (1994) A Bug's Life (1998), sampai dengan Up (2009), tak pernah terlewat. Semuanya sudah ditonton habis -kecuali yang belom,hehe-, semuanya pun punya kesan kuat yang berbeda-beda. The Lion King memberitahu saya, bahwa kebaikan, ketulusan, kejujuran, bagaimanapun juga akan selalu lebih unggul dari yang namanya kecurangan dan kejahatan. A Bug's Lige mengajarkan tentang kepemimpinan dan pentingnya kerja sama tim. Terakhir, Up mengatakan bahwa setiap orang harus punya cita dan cinta untuk bisa menikmati petualangan hidupnya.

Akhir-akhir ini pun, saya masih tetap menonton film kartun. Hanya saja entah kenapa kali ini film yang saya tonton selalu punya tokoh utama hantu atau monster. Saya tidak akan menceritakan apa kesan dan pesan yang didapat ketika menonton film-film tersebut. Saya hanya akan menyebutkan judul-judul filmnya, supaya bisa dijadikan referensi. Kemudian kalian bisa tonton sendiri, dan ciptakan kesan dan pesan masing-masing setelah menonton. Enjoy...
 
1.Frankenweenie (2012)
Film yang disutradari oleh Timothy Walter Burton a.k.a Tim Burton ini berkisah tentang anak kecil bernama Victor yang ingin menghidupkan lagi anjingnya.Sebenarnya ini film yang dibuat ulang, dari sebuah film pendek tahun 1984, besutan Burton juga dengan judul sama. Oiya selain Frankenweenie, Burton juga pernah membuat kartun stop motion bertema hantu lain, seperti menjadi penulis dalam film The Nightmare Before Cristmas (1993), dan Sutradara di Corpse Bride (2005)

Victor dan anjingnya yang bernama Sparky (sumber: www.frankenweenie.com)
2. ParaNorman (2012)
ParaNorman menceritakan seorang anak laki-laki bernama Norman yang bisa melihat hantu. Awalnya banyak yang mencibir, dan tak ada yang mempercayai kekuatan norman termasuk keluarganya sendiri. Hanya saja akhirnya Norman-lah yang jadi penyelamat kota dari bahaya seorang penyihir. Film kartun stop motion ini, disutradari oleh Chris Butler dan Sam Fell. Butler adalah orang yang pernah juga menjadi story board artist di film Corps Bride. Dalam hal award, ParaNorman berhasil menyabet Academy Award 2012 untuk Best Animated Picture.

IMDB memberi rating 7.0 untuk ParaNorman

3. Hotel Transylvania (2012)
Berkisah tentang dracula bernama Count Dracula yang punya pengalaman buruk dengan bangsa manusia. Lebih tepatnya istrinya terbunuh oleh karena ulah manusia. Sehingga Count memilih untuk menyendiri dan membangun Hotel Transylvania yang memang diperuntukkan khusus untuk para monster. Film ini dibintangi oleh beberapa artis terkenal seperti Adam Sandler (Count Dracula), dan juga Selena Gomez (Mavis). Sutradaranya adalah Genndy Tartakovsky, yang merupakan kreator dari film Samurai Jack dan Dexter's Laboratory.

sumber: www.welcometohotelt.com

4. Monster University (2013)
Monster University merupakan prequel dari film Monster Inc (2001). Jadi kisahnya tentang masa-masa universitas Mike Wazowski dan James P. Sullivan. Diceritakan juga bagaimana awalnya kedua monster itu bisa bersahabat. Meskipun sebuah prequel, tapi film ini punya sutradara yang berbeda dengan film pendahulunya. Monster University disutradari oleh Dan Scanlon, dia pernah menjadi additional screenplay material untuk film Cars.

sumber: www.imdb.com

4 komentar: